UNSIKA Bersama PHE ONWJ Gelar Upaya Pencegahan Stunting

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) bersama PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) berkomitmen untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar. Isu stunting serta masalah kesehatan lainnya menjadi topik utama dalam kegiatan ini.  Menurut Asep Abioga selaku perwakilan PHE ONWJ mengatakan bahwa dengan adanya program ini bertujuan untuk dapat memberikan edukasi pada masyarakat dalam mencegah masalah stunting dimulai dari masa pra konsepsi sampai usia 2 tahun (100 hari pertama kehidupan) dengan memberikan asupan gizi yang seimbang.

Kegiatan tersebut berbentuk webinar dengan tema “Upaya Pencegahan Stunting” yang dilaksanakan selama 2 hari pada bulan juni 2021. Peserta dari webinar ini yaitu pelajar SMK Yaspif Cibuaya Karawang. dengan tajuk “Charging your mind and your body”. Narasumber pengisi webinar dalam bidang akademisi berasal dari Program Studi gizi dan Kebidanan Fakultas Kesehatan Unsika. Sedangkan pada pelaksanaan kedua webinar bertemakan “Program Makanan Tambahan (PMT) Dalam Rangka Perbaikan Gizi Balita”. Webinar kali ini peserta merupakan tenaga kesehatan desa, kader posyandu, serta masyarakat ring I PHE OWJ yaitu Desa Sedari, Desa Sungai Buntu, Desa Pusaka Jaya Utara dan Desa Cemara Jaya. Materi pada webinar kedua ini berfokus mengenai peranan kader dalam memberikan makanan tambahan dan MP-Asi.

“Terdapat beberapa poin penting yang perlu disiapkan ketika mengambil peran dalam pencegahan stunting. Pertama melakukan pemeliharaan dan kesehatan diri sendiri; kedua mempersiapkan diri menjadi anggota keluarga mandiri secara sosial & ekonomi; ketiga menyiapkan diri menjadi orang tua yang berilmu; dan terakhir berperan aktif dalam mencegah stunting dengan menjadi peer educator melalui platform digital”, papar Linda Riski sebagai pembicara.

Tinggalkan Balasan