Dukung Program Kampus Merdeka, 5 Mahasiswa UNSIKA berhasil Raih beasiswa Ke Luar Negeri

Salah satu program dari delapan program unggulan Kampus Merdeka adalah International Students Mobility Awards 2021 (IISMA 2021). Program ini digagas oleh KEMENDIKBUDRISTEK dan didanai oleh LPDP. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa di Indonesia untuk belajar di luar negeri

Proses seleksi mahasiswa dilakukan secara daring dan bertahap.  Dimana proses seleksi dilakukan sebanyak dua tahap, yaitu seleksi berkas dan interview. Salah satu berkas pesyaratan yang dibutuhkan adalah sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti TOEFL, IELTS, dan DET (Duolingo English Test) yang harus diunggah pada saat pendaftaran. Kemudian tahapan kedua adalah interview yang dilakukan secara daring.

Berdasarkan hasil pengumuman terdapat 5 mahasiswa UNSIKA yang lolos seleksi dari 2.000 lebih mahasiswa yang mendaftar. 5 mahasiswa tersebut lolos ke negara yang berbeda-beda. Berikut nama-nama mahasiswa beserta kampus dan negara tujuannya : 1. Muhammad Patria Nebukadnedzar (Palacky University Olomouc, Olomouc, Republik Ceko), 2. Difa Prestiwi (University of York, York, Inggris), 3. Boy Rigara (Middle East Technical University, Ankara, Turki), 4. Annisa Anastasya (Middle East Technical University, Ankara, Turki), dan 5. Silvia Salsabila (Middle East Technical University, Ankara, Turki). Masing-masing telah memilih mata kuliah diperguruan tinggi tujuan dan sedang mempersiapkan banyak hal terkait keberangkatan serta persiapan tinggal nanti.

Program IISMA 2021, rencananya akan berlangsung selama enam bulan kedepan. Dimana proses keberangkatannya akan dilakukan secara bertahap tergantung dari kebijakan akademik di negara-negara tujuan. Saat ini, seluruh mahasiswa dibekali banyak hal terkait keberangkatan dan kebijakan selama tinggal diluar negeri. Mahasiswa juga diminta untuk mempersiapkan beberapa keperluan seperti pengaplikasian visa dan asuransi kesehatan sebelum keberangkatan menuju kampus dan negara yang dituju.

Tinggalkan Balasan